Selamat datang di website informasi wisata Pangandaran

Kuliner Pangandaran

Simak berbagai ulasan menarik tentang berbagai aktifitas wisata di Kabupaten Pangandaran yang kami sajikan dalam tulisan cantik disertai dengan foto-foto yang indah.

Kuliner Pangandaran     Tips Wisata     Wisata Adventure     Kegiatan KOMPEPAR    

Menikmati Pantai Pangandaran Dengan Murah Meriah

Senin, 01 Agustus 2011 20:50 WIB | 456 Views
Menikmati Pantai Pangandaran Dengan Murah Meriah

PANTAI Indah Pangandaran adalah salah satu obyek wisata pantai di Jawa Barat. Pantai ini terletak di Desa Panan-jung, Kecamatan Pangandaran, dengan jarak sekitar 92 km arah selatan Kota Ciamis.

Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama, sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman. Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih dan juga tersedia tim penyelamat wisata pantai Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang memesona.

Menempuh perjalanan selama hampir delapan jam, terbayar lunas manakala kita kemudian menyaksikan hamparan ujung laut Samudera Indonesia yang teramat indah. Kombinasi antara garis pantai dengan hutan cagar alam membuat kawasan Pantai Pangandaran ini berbeda dari pantai-pantai yang lain. Sepertinya Pangandaran ini berupa teluk atau semenanjung. Namun, melihat lokasinya yang menjorok ke laut mestinya ini adalah semenanjung. Garis pantainya melingkar, sehingga ada pantai Barat dan juga pantai Timur. Kita bisa menyaksikan sunrise dan sunset di dua pantai yang berbeda. Deburan ombakmenjadi pemandangan menarik kala senja hampir terbenam di ufuk Barat.

Dengan menyewa perahu bertarif Rp20 ribu, kita bisa jalan-jalan makan angin laut sambil snorkling menikmati keindahan laut di bawah permukaan airnya. Tarif snorkling-nya cukup murah, hanya RpSO ribu, sementara keindahan lautnya yang bisa kita lihat tak setara dengan tarif itu. Untuk sampai di tengah laut, banyak perahu yang akan mengantar kita untuk melihat-lihat obyek wisata ditengah lautan seperti batu buaya, batu karas, dan batu-batu lainnya. Atau mungkin Anda ingin berkeliling pantai dengan bersepeda? Sangat bisa. Ada banyak penyewaan sepeda.

Kalau mau berjalan-jalan dikawasan cagar alam, ada beberapa spot. Di kawasan yang dilindungi ini banak hewan-hewan yang dilindungi Selain monyet, ada juga landak, kijang, dan banteng, saya. Beberapa spot Pantai Pangandaran ini sayangnya kotor oleh sampah plastik yang berserakan. Tapi, untungnya masih banyak spot-spot yang indah yang bisa kita nikmati Di balik cagar alam ini mengintip hamparan pasir putih dengan lautan birunya. Kita cukup membayar Rp7.000 untuk masuk ke cagar alam.

Acara tradisional yang kerap digelar di kawasan Pangandaran ini adalah Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan nelayan sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurah-an Tuhan dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara inibiasa dilaksanakan pada iup-tiap bulan Muharam dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran.

Sedangkan event pariwisata berskala Internasional yang sering dilaksanakan di sini adalah Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya. Sayangnya acara menarik ini hanya bisa kita saksikan pada nap bulan Juni atau Juli

Soal penginapan tak perlu khawatir, ada banyak hotel, motel, bahkan losmen. Kita hanya tinggal menyesuaikannya dengan ukuran kantong kita. Soal buah tangan, ada banyak macamnya menanti untuk dibeli. Ada baju, ikan asin, dan lain-lainnya. (Jurnal Nasional)



Kuliner Pangandaran Lainnya



Berikan Komentar