Selamat datang di website informasi wisata Pangandaran

Kompepar Pangandaran

Kompepar adalah salah satu unsur masyarakat pariwisata yang berkomitmen membantu pemerintah dalam membangun dunia kepariwisataan
Sekilas Kompepar
Sekilas Kompepar

Kompepar adalah salah satu unsur masyarakat pariwisata yang berkomitmen membantu pemerintah dalam membangun dunia kepariwisataan. Dalam menanisme kerjanya, masyarakat dan pemerintah memiliki kesamaan tujuan dan cita-cita yakni membangun, terutama sektor pariwisata berbasiskan pada nilai-nilai kerarifan lokal dengan melibatkan dan mendayagunakan peran serta masyarakat daerah sekitar.

Kompepar dibentuk berdasarkan ketentuan dan kebijakan pemerintah, yang dalam pengelolaanya dilaksanakan melalui pemanfaatan potensi sumber daya manusia yakni masyarakat yang ada di kawasan pariwisata bersangkutan. Oleh karena diyakini, bahwa masyarakat sekitar kawasan tersebut (ODTW) akan lebih mengerti permasalahan yang ada di daerahnya sendiri. Masyarakat di sekitar ODTW akan mengetahui benar tentang potensi dan aspek-aspek yang menunjang kepariwisataan semisal; aspek sosial, potensi alam,lingkungan hidup, sejarah dan adat isitiadat budaya daerahnya.

LANDASAN YURIDHIS

  1. Instruksi Presiden Republik Indonesi Nomor 16 Tahun 2005 tentang kebijakan pembangunan kebudayaan dan pariwisata
  2. Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Provinsi Jawa Barat Nomor 15 Tahun 1997 tentang Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar)
  3. Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah
  4. Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 1996 tentang pembinaan, pengembangan dan pelestarian seni budaya daerah Jawa Barat
  5. Surat Keputusan (SK) Bupati Kabupaten Pangandaran Nomor 556/Kpts.192-Huk.Org/2015

 


About Lainnya